STRATEGI PENGELOLAAN PENDIDIKAN TAHFIDZ DI LEMBAGA PONDOK PESANTREN
Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2024
FADHLULLOH IBNU SYAFIQ
PEMBIMBING
Moh. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
LATAR BELAKANG
STIE Cendekia Karya Utama merupakan Perguruan
Tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan (S1) dengan tujuan untuk
mencetak generasi unggul di bidang akademik serta profesi dengan sektor
logistik pada tingkat nasional yang diutamakan. Dalam rangka menunjang visi dan
misi pada STIE Cendekia Karya Utama Semarang, maka STIE Cendekia Karya Utama
telah menyediakan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dengan lengkap,
namun sarana dan prasarana tersebut hanya menunjang aspek keahlian profesional
secara teori saja.
Dibutuhkan keterpaduan antara
pengetahuan akan teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan dan
pelatihan praktik dalam dunia kerja
dilapangan guna memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.
Untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional, lembaga STIE Cendekia Karya
Utama mewajibkan para mahasiswa/i-nya yang akan menyelesaikan studi untuk
melaksanakan Praktik Kerja (PRAJA), yang bertujuan untuk memahami secara
langsung kegiatan usaha dan dapat merealisasikan ilmu-ilmu yang telah didapat
dibangku kuliah dalam kenyataan sebenarnya pada perusahaan sehingga dapat
menambah wawasan serta meningkatkan keterampilan bagi mahasiswa/i-nya.
Al-Qur’an merupakan kitab yang
diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW baik secara lafadz maupun
maknannya secara mutawatir yakni dengan penuh kepastian serta keyakinan yang
ditulis mulai dari Al-fatihah sampai dengan An-nas pada mushaf. Dianjurkan oleh
Rasulullah untuk mempelajari Al-Qur’an dengan membaca dan menghafalkannya,
disamping untuk menjaga kelestariannya membaca dan menghafalkannya secara
konsisten merupakan pekerjaan terpuji dan amal yang mulia. Al-Qur’an bukan
sekedar petunjuk tentang hubungan manusia dengan tuhannya, namun juga mengatur
hubungan manusia dengan sesama manusia serta manusia dengan alam sekitarnya,
dan Al-Qur’an juga berfungsi sebagai sumber utama ajaran islam dan pedoman
hidup bagi setiap muslim.
Salah satu langkah untuk mendekatkan
generasi penerus dengan pedomannya yakni dengan cara mengajarkan Al-Qur’an
kepada generasi penerus. Apabila kita melihat di era kecanggihan teknologi,
jika generasi muda kita jauh dari Al-Qur’an dapat dipastikan bahwa teknologi
yang dibangga-banggakan dapat menjadi penghancur masa depan mereka. Umat islam
dituntut untuk menunjukkan bimbingan dan ajaran Al-Qur’an yang mampu memenuhi
kekosongan nilai moral kemanusiaan dan spiritualitas dalam menghadapi tantangan
dunia modern yang bersifat sekurel dan materialitas, di samping membuktikan
ajaran-ajaran yang bersifat rasional dan mendorong umat manusia untuk
mewujudkan kemajuan dan kemakmuran serta kesejahteraan.
Dengan banyak bermunculan Rumah
Tahfidz yang sudah tersebar di Indonesia
bahkan secara khusus di Temanggung juga sudah mulai banyak lembaga-lembaga
pendidikan Al-Qur’an. Ide kreatif tersebut untuk mencetak generasi zaman modern
penghafal Al-Qur’an. Hal tersebut manajemen yang baik tidak terlepas dari
lembaga yang menaunginya sudah seharusnya rumah tahfidz mempunyai strategi yang
baik. Strategi pengelolaan rumah tahfidz melibatkan perencanaan, organisasi,
dan implementasi untuk mencapai tujuan pembinaan hafalan Al-Qur’an. Strategi
harus menyiapkan keputusan yang sesuai untuk mencapai tujuan organisasi
tersebut.
MANFAAT
1.4.1 Bagi Mahasiswa :
1. Mahasiswa dapat
meningkatkan softskill dan memiliki keterampilan berkomunikasi dan memiliki
rasa percaya diri dalam dan berprilaku, sehingga dapat berkelompok dan
berorganisasi.
2. Mahasiswa mampu
mengenal, mengetahui, dan menganalisis apa saja tantangan dalam proses
pengelolaan pendidikan tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Zaid Bin Tsabit.
1.4.2 Bagi Kampus :
1) Memperluas pengenalan STIE
Cendekia Karya Utama.
2) Mempererat
kerjasama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan instansi yang bersangkutan.
1.4.3 Bagi
instansi :
1) Membantu pekerjaan para guru
2) Membantu para guru dalam mengajar
para siswa
3) Dapat membantu para guru jika
sedang berhalangan
TUJUAN
1. Untuk
mengetahui pengertian strategi serta pengertian pendidikan tahfidz Al-Qur’an
2. Untuk
mengetahui strategi pengelolaan pendidikan tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz
Zaid bin Tsabit terhadap pembentukan karakter dan akhlak santri.
3. Untuk
mengetahui tantangan yang dihadapi serta solusi yang diterapkan dalam proses
pengelolaan pendidikan tahfidz.