STRATEGI PENGELOLAAN PENDIDIKAN TAHFIDZ DI LEMBAGA PONDOK PESANTREN

Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2024

FADHLULLOH IBNU SYAFIQ


PEMBIMBING

Moh. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H

LATAR BELAKANG

STIE Cendekia Karya Utama merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan (S1) dengan tujuan untuk mencetak generasi unggul di bidang akademik serta profesi dengan sektor logistik pada tingkat nasional yang diutamakan. Dalam rangka menunjang visi dan misi pada STIE Cendekia Karya Utama Semarang, maka STIE Cendekia Karya Utama telah menyediakan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dengan lengkap, namun sarana dan prasarana tersebut hanya menunjang aspek keahlian profesional secara teori saja.

Dibutuhkan keterpaduan antara pengetahuan akan teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan dan pelatihan praktik dalam dunia kerja  dilapangan guna memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya. Untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional, lembaga STIE Cendekia Karya Utama mewajibkan para mahasiswa/i-nya yang akan menyelesaikan studi untuk melaksanakan Praktik Kerja (PRAJA), yang bertujuan untuk memahami secara langsung kegiatan usaha dan dapat merealisasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dibangku kuliah dalam kenyataan sebenarnya pada perusahaan sehingga dapat menambah wawasan serta meningkatkan keterampilan bagi mahasiswa/i-nya.

Al-Qur’an merupakan kitab yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW baik secara lafadz maupun maknannya secara mutawatir yakni dengan penuh kepastian serta keyakinan yang ditulis mulai dari Al-fatihah sampai dengan An-nas pada mushaf. Dianjurkan oleh Rasulullah untuk mempelajari Al-Qur’an dengan membaca dan menghafalkannya, disamping untuk menjaga kelestariannya membaca dan menghafalkannya secara konsisten merupakan pekerjaan terpuji dan amal yang mulia. Al-Qur’an bukan sekedar petunjuk tentang hubungan manusia dengan tuhannya, namun juga mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia serta manusia dengan alam sekitarnya, dan Al-Qur’an juga berfungsi sebagai sumber utama ajaran islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim.

Salah satu langkah untuk mendekatkan generasi penerus dengan pedomannya yakni dengan cara mengajarkan Al-Qur’an kepada generasi penerus. Apabila kita melihat di era kecanggihan teknologi, jika generasi muda kita jauh dari Al-Qur’an dapat dipastikan bahwa teknologi yang dibangga-banggakan dapat menjadi penghancur masa depan mereka. Umat islam dituntut untuk menunjukkan bimbingan dan ajaran Al-Qur’an yang mampu memenuhi kekosongan nilai moral kemanusiaan dan spiritualitas dalam menghadapi tantangan dunia modern yang bersifat sekurel dan materialitas, di samping membuktikan ajaran-ajaran yang bersifat rasional dan mendorong umat manusia untuk mewujudkan kemajuan dan kemakmuran serta kesejahteraan.

Dengan banyak bermunculan Rumah Tahfidz  yang sudah tersebar di Indonesia bahkan secara khusus di Temanggung juga sudah mulai banyak lembaga-lembaga pendidikan Al-Qur’an. Ide kreatif tersebut untuk mencetak generasi zaman modern penghafal Al-Qur’an. Hal tersebut manajemen yang baik tidak terlepas dari lembaga yang menaunginya sudah seharusnya rumah tahfidz mempunyai strategi yang baik. Strategi pengelolaan rumah tahfidz melibatkan perencanaan, organisasi, dan implementasi untuk mencapai tujuan pembinaan hafalan Al-Qur’an. Strategi harus menyiapkan keputusan yang sesuai untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

MANFAAT

1.4.1 Bagi Mahasiswa :

1. Mahasiswa dapat meningkatkan softskill dan memiliki keterampilan berkomunikasi dan memiliki rasa percaya diri dalam dan berprilaku, sehingga dapat berkelompok dan berorganisasi.

2. Mahasiswa mampu mengenal, mengetahui, dan menganalisis apa saja tantangan dalam proses pengelolaan pendidikan tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Zaid Bin Tsabit.

1.4.2 Bagi Kampus :

1) Memperluas pengenalan STIE Cendekia Karya Utama.

2) Mempererat kerjasama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan instansi yang bersangkutan.

1.4.3  Bagi instansi :

1) Membantu pekerjaan para guru

2) Membantu para guru dalam mengajar para siswa

3) Dapat membantu para guru jika sedang berhalangan

TUJUAN

1. Untuk mengetahui pengertian strategi serta pengertian pendidikan tahfidz Al-Qur’an

2. Untuk mengetahui strategi pengelolaan pendidikan tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Zaid bin Tsabit terhadap pembentukan karakter dan akhlak santri.

3. Untuk mengetahui tantangan yang dihadapi serta solusi yang diterapkan dalam proses pengelolaan pendidikan tahfidz.

FILE

File

  Browse
  • Dosen 29
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 181

  Account