Perbandingan Sistem Manual dan E-Faktur dalam Pengelolaan Faktur Pajak di Kantor Jasa Akuntansi Edy Susanto-Hendra dan Rekan

Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2024

Kamila Rilis awaly


PEMBIMBING

Ginanjar Suendro, S.E, M.M

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat mendorong perusahaan untuk melakukan transformasi digital dalam berbagai aspek operasionalnya. Salah satunya dalam pengelolaan pajak di Kantor Jasa Akuntansi Edy Susanto-Hendra dan Rekan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa akuntansi sebelumnya masih mengandalkan sistem manual dalam pengelolaan faktur pajak. Sistem manual ini seringkali menimbulkan berbagai permasalahan seperti keterlambatan dalam pelaporan, kesalahan data, dan tingginya biaya operasional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kantor Jasa Akuntansi Edy Susanto-Hendra dan Rekan memutuskan untuk mengimplementasikan sistem e-faktur. Sistem e-faktur diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan faktur pajak, serta mempermudah proses pelaporan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja sistem manual dan e-faktur yang telah diterapkan di Kantor Jasa Akuntansi Edy Susanto-Hendra dan Rekan, serta menganalisis dampaknya terhadap efisiensi, akurasi, dan kepatuhan pajak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan dalam mengambil keputusan terkait pengembangan sistem informasi akuntansi di masa depan

MANFAAT

1. Manfaat bagi Mahasiswa

- Sebagai sarana latihan dan penerapan ilmu yang didapat di perkuliahan.

- Sebagai sarana untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman di dunia kerja.

- Sebagai tolak ukur dan pembuktian akan kualitas dari mahasiswa.

2. Manfaat bagi Perguruan Tinggi

- Menjalin hubungan sinergis yang baik antara pihak universitas dengan instansi yang memberikan kesempatan kerja kepada mahasiswa untuk melakukan praktik kerja (PRAJA).

- Mengetahui kemampuan Mahasiswa dalam mengaplikasikan teori yang sudah di peroleh di bangku perkuliahan dan diterapkan kedalam dunia praktik kerja.

- Memberikan kesempatan dengan Universitas untuk bekerjasama dalam kegiatan praktik kerja (PRAJA) dimasa yang akan datang.

3. Manfaat bagi Institusi Mitra

- Institusi Mitra mendapatkan tenaga tambahan.

- Intitusi Mitra dapat memanfaatkan pengetahuan serta keterampilan mahasiswa.

- Institusi Mitra dapat meningkatkan efisiensi, produktifitas, atau memperbaiki kondisi lingkungan kerja berdasarkan saran mahasiswa.

TUJUAN

1. Mengetahui jasa yang di tawarkan oleh Kantor Jasa Akuntansi Edy Susanto – Hendra san Rekan.

2. Mengetahui bagaimana sistem pengelolaan faktur pajak di Kantor Jasa Akuntansi Edy Susanto - Hendra dan Rekan

FILE

File

  Browse
  • Dosen 29
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 181

  Account