Pengaruh Kualitas Pelayanan Ekspedisi Muatan Kapal Laut Di PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang

Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2023

GRADIANA VIRGILIA MAUK


PEMBIMBING

Drs. Dirgo Wahyono M.Si

LATAR BELAKANG

Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) adalah Perusahaan yang menangani berkas dokumen dan muatan yang akan di angkut dengan atau dari kapal yang bertugas mengambil alih barang dari pemilik yang telah mendapat kuasa tertulis dari pemiliknya. EMKL merupakan salah satu bidang usaha di Indonesia, mengingat kondisi geografis yang ada di Indonesia sebagai negara maritim yang di kelilingi laut, menjadikan usaha EMKL yang  dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan terkait pelayanan impor dan ekspor.

Di era perdagangan global saat ini, perkembangan pembangunan yang pesat telah menjadikan Indonsia sebagai bagian dari masyarakat global, hal ini tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju dari waktu ke waktu, sehingga pada akirnya menurut perkembangan pada ilmu pengetahuan luar negeri. Hal tersebut dapat mensejajarkan bangsa indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Tingkat persaingngan yang sangat tinggi dalam industri jasa EMKL atau Ekspedisi Muatan Kapal Lauttidak dapat di hindari, suatu perusahaan jika memiliki prospek dan perencanaan yang baik akan memunculkan perusahaan-perusahaan baru yang bergerak dalam industri yang sama sehingga menimbulkan  persaingan yang ketat di industri karena semakin banyak perusahaan bersaing di pasar yang sama. Di tengah ketatnya persaingan bisnis khususnya di bidang jasa EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) seperti PT. Arindo Jaya Mandiri. Hal ini memunculkan faktor penting yang membedakan EMKL, satu sama lain dalam beberapa antara lain kualitas layanan, persepsi harga  dan citra  merek sebagai strategi dan inovasi dalam memasarkan produk jasa sehingga mampu menaklukkan pasar dan menguasainya. Untuk menjadi pemimpin di industri pasar tersebut, salah satunya jasa ekspor impor yang baik di jumpai banyak di kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Saat ini, konsumen lebih selektif dalam membelanjakan uangnya untuk membeli produk. Produk yang berkualitas  baikakan di pilih oleh konsumen. Hal ini mendorong perusahaan untuk berbuat lebih banyak lagi inovasi untuk memastikan produk mereka di terima baik oleh konsumen. Oleh karena itu, sangat pengting bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang di harapkan dan di butuhkan  konsumen dari suatu peroduk melalui feedback atau tanggapan konsumen agar customer tetap melakukan keputusan pembelian pada perusahaan tersebut. PT. Arindo Jaya Mandiri adalah perusahaan jasa Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) yang melayani bisnis ekspor dan  impor, PT. Arindo Jaya Mandiri telah berjalan selama lebih dari 20 tahun. Dalam melakukan pelayanan PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang selalu memberikan layanan secara maksimal dalam malayani pelangan. Untuk menarik atau mempertahankan pelanggan PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang tidak segan memberikan layanan bahkan diluar layanan tersedia. Seperti yang kita ketahui bahwa kualitas layanan setiap bisnis merupakan poin utama dalam menentukan mampu atau tidaknya suatu bisnis bersaing dalam persaingan bisnis, maka pelayanan yang maksimal merupakan hal yang mutlak dan tidak dapat di tolerir bagi seluruh pelaku bisnis khususnya di bidang usaha. Penyedia layanan produk dimana mereka harus memberikan layanan maksimal tampa kompromi untuk semu pelangan. Oleh karena itu, PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan masih kurang.

 

MANFAAT

1.      Bagi Mahasiswa

a.       Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan melalui praktek kerja, dan dapat mengasah ketrampilan yang di butuhkan di dunia kerja seperti komonikasi, kerja tim, manajemen waktu dan ketrampilan teknis yang relavan dengan bidang studinya.

b.      Melalui praktek kerja, mahasiswa memiliki kesempatan untuk membangun jaringan profesional yang bermanfaat bagi masa depan.

2.      Bagi Universitas/Kampus

a.       Memperluas pengenalan STIE Cendekia Karya Utama.

b.      Mempererat kerja sama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

3.      Bagi Perusahaan atau Instansi

a.       Dapat memberikan masukan dan pertimbangan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas.

b.      Dapat memberi dan menerima dalam bidang wawasan dan ilmu pengetahuan antara mahasiswa dengan perusahaan atau instansi.

TUJUAN

a.    Untuk mengetahui pengaruh terhadap penggunaan jasa  ekspedisi muatan kapal laut PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang?

b.    Penelitian dapat bertujuan untuk memahami sejauh mana kualitas pelayanan yang di berikan oleh perusahaan kepelangan?

c.    Mengidentifikasi faktor-faktor spesifik dalam kualitas layanan yang paling pengaruh terhadap kepada ekspedisi muatan kapal laut?

d.   Melihat hubungan antara kualitas layanan dengan aspek financial, seperti retensi pelanggan, keuntungan, dan berpotensi pertumbuhan bisnis.

e.    Menganalisi bagaimana kualitas layanan mempengaruhi proses operasional di seluruh rantai pasok ekspedesi muatan kapal laut.

f.     Memahami bagaimana kualitas layanan dapat memegaruhi citra merek dan pemasaran perusahaan ekspedisi muatan kapal laut.

 

FILE

File

  Browse
  • Dosen 29
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 181

  Account