Pengaruh Kualitas Pelayanan Ekspedisi Muatan Kapal Laut Di PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang
Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2023
GRADIANA VIRGILIA MAUK
PEMBIMBING
Drs. Dirgo Wahyono M.Si
LATAR BELAKANG
Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) adalah
Perusahaan yang menangani berkas dokumen dan muatan yang akan di angkut dengan
atau dari kapal yang bertugas mengambil alih barang dari pemilik yang telah
mendapat kuasa tertulis dari pemiliknya. EMKL merupakan salah satu bidang usaha
di Indonesia, mengingat kondisi geografis yang ada di Indonesia sebagai negara
maritim yang di kelilingi laut, menjadikan usaha EMKL yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan
terkait pelayanan impor dan ekspor.
Di era perdagangan global saat ini, perkembangan
pembangunan yang pesat telah menjadikan Indonsia sebagai bagian dari
masyarakat global, hal ini tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan
yang semakin maju dari waktu ke waktu, sehingga pada akirnya menurut
perkembangan pada ilmu pengetahuan luar negeri. Hal tersebut dapat
mensejajarkan bangsa indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Tingkat persaingngan yang sangat tinggi dalam industri
jasa EMKL atau Ekspedisi Muatan Kapal Lauttidak dapat di hindari, suatu
perusahaan jika memiliki prospek dan perencanaan yang baik akan memunculkan
perusahaan-perusahaan baru yang bergerak dalam industri yang sama sehingga
menimbulkan persaingan yang ketat di
industri karena semakin banyak perusahaan bersaing di pasar yang sama. Di
tengah ketatnya persaingan bisnis khususnya di bidang jasa EMKL (Ekspedisi
Muatan Kapal Laut) seperti PT. Arindo Jaya Mandiri. Hal ini memunculkan faktor
penting yang membedakan EMKL, satu sama lain dalam beberapa antara lain kualitas
layanan, persepsi harga dan citra merek sebagai strategi dan inovasi dalam
memasarkan produk jasa sehingga mampu menaklukkan pasar dan menguasainya. Untuk
menjadi pemimpin di industri pasar tersebut, salah satunya jasa ekspor impor
yang baik di jumpai banyak di kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.
Saat ini, konsumen lebih selektif dalam membelanjakan
uangnya untuk membeli produk. Produk yang berkualitas baikakan di pilih oleh konsumen. Hal ini
mendorong perusahaan untuk berbuat lebih banyak lagi inovasi untuk memastikan
produk mereka di terima baik oleh konsumen. Oleh karena itu, sangat pengting
bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang di harapkan dan di butuhkan konsumen dari suatu peroduk melalui feedback atau
tanggapan konsumen agar customer tetap melakukan keputusan pembelian pada
perusahaan tersebut. PT. Arindo Jaya Mandiri adalah perusahaan jasa Ekspedisi
Muatan Kapal Laut (EMKL) yang melayani bisnis ekspor dan impor, PT. Arindo Jaya Mandiri telah berjalan
selama lebih dari 20 tahun. Dalam melakukan pelayanan PT. Arindo Jaya Mandiri
Semarang selalu memberikan layanan secara maksimal dalam malayani pelangan.
Untuk menarik atau mempertahankan pelanggan PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang
tidak segan memberikan layanan bahkan diluar layanan tersedia. Seperti yang
kita ketahui bahwa kualitas layanan setiap bisnis merupakan poin utama dalam
menentukan mampu atau tidaknya suatu bisnis bersaing dalam persaingan bisnis,
maka pelayanan yang maksimal merupakan hal yang mutlak dan tidak dapat di
tolerir bagi seluruh pelaku bisnis khususnya di bidang usaha. Penyedia layanan
produk dimana mereka harus memberikan layanan maksimal tampa kompromi untuk
semu pelangan. Oleh karena itu, PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang berusaha untuk
meningkatkan kualitas pelayanan masih kurang.
MANFAAT
1. Bagi
Mahasiswa
a.
Mahasiswa
dapat menerapkan pengetahuan melalui praktek kerja, dan dapat mengasah
ketrampilan yang di butuhkan di dunia kerja seperti komonikasi, kerja tim,
manajemen waktu dan ketrampilan teknis yang relavan dengan bidang studinya.
b.
Melalui
praktek kerja, mahasiswa memiliki kesempatan untuk membangun jaringan
profesional yang bermanfaat bagi masa depan.
2. Bagi
Universitas/Kampus
a.
Memperluas
pengenalan STIE Cendekia Karya Utama.
b. Mempererat kerja sama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan perusahaan atau instansi yang bersangkutan.
3. Bagi
Perusahaan atau Instansi
a.
Dapat
memberikan masukan dan pertimbangan untuk lebih meningkatkan kualitas dan
kuantitas.
b.
Dapat
memberi dan menerima dalam bidang wawasan dan ilmu pengetahuan antara mahasiswa
dengan perusahaan atau instansi.
TUJUAN
a.
Untuk
mengetahui pengaruh terhadap penggunaan jasa
ekspedisi muatan kapal laut PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang?
b.
Penelitian
dapat bertujuan untuk memahami sejauh mana kualitas pelayanan yang di berikan
oleh perusahaan kepelangan?
c.
Mengidentifikasi
faktor-faktor spesifik dalam kualitas layanan yang paling pengaruh terhadap
kepada ekspedisi muatan kapal laut?
d.
Melihat
hubungan antara kualitas layanan dengan aspek financial, seperti retensi
pelanggan, keuntungan, dan berpotensi pertumbuhan bisnis.
e.
Menganalisi
bagaimana kualitas layanan mempengaruhi proses operasional di seluruh rantai
pasok ekspedesi muatan kapal laut.
f.
Memahami
bagaimana kualitas layanan dapat memegaruhi citra merek dan pemasaran
perusahaan ekspedisi muatan kapal laut.