Penerapan Strategi Digital Marketing pada Yayasan Subulussalam Nusantara
Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2024
Fitria Nur Fadhila
PEMBIMBING
Ginanjar Suendro, S.E, M.M
LATAR BELAKANG
Perkembangan informasi
dan teknologi memiliki peran penting dalam era digital saat ini. Teknologi yang
semakin canggih membuat pengguna media digital semakin mudah untuk menyebarkan informasi atau berita. Hal tersebut memberikan kemudahan untuk
memperoleh informasi yang dapat dimanfaatkan bagi pemasar untuk memasarkan
produknya.
Digital marketing
bertujuan untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat, apalagi
penerimaan teknologi, internet dan social media di masayarakat saat ini semakil luas,
sehingga tidak heran kegiatan pemasaran digital dijadikan pilihan utama oleh
perusahaan-perusahaan dalam melakukan pemasaran produknya.
Salah satu strategi
digital marketing, adalah melakukan pemasaran ataupun promoasi dimedia social untuk meningkatkan pendapatan lembaga. Saat ini, ada banyak media sosial yang dapat digunakan untuk
memasarkan dan mempromosikan produk dan layanan. Pada umumnya media social,
yang digunakan untuk media
pemasaran atau promosi dan periklanan antara lain Facebook, Instagram, Twitter serta Tiktok.
Yayasan Subulussalam Nusantara yang merupakan lembaga yang bergerak dibidang dakwah, pendidikan dan sosial. mengelola sedekah, zakat, dana sosial dan CSR (Corporate Social Responsibility). Dana dikelola untuk pembiayaan bidang pendidikan (Pondok Tahfidz Al Qur’an). Pengembangan dakwah dalam upaya mencerdaskan masyarakat dalam berbagai bidang ilmu yang lebih menitik beratkan pada ilmu agama islam. Dana juga akan disalurkan untuk masyarakat kurang mampu dalam bentuk bantuan tunai, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, peduli lingkungan dan bencana memerlukan strategi digital marketing melalui berbagai media social untuk menambah kepercayaan dan menarik simpati masyarakat dalam mendukung pergerakan dakwah yayasan.
Sebagai salah satu syarat dalam
Program Studi Manajemen Bisnis untuk melakukan praktik kerja agar dapat
membandingkan dan menerapkan teori yang didapat selama perkuliahan dalam
kehidupan nyata di dunia kerja, serta menambah wawasan dan pengalaman kerja yang selanjutnya dituangkan dalam laporan
praktik kerja lapangan ini.
MANFAAT
Adapun beberapa manfaat dalam kegiatan Praktik Kerja ini di
Yayasan Subulussalam
Nusantara adalah:
Bagi
Perguruan Tinggi:
a.
Sarana untuk
menjembatani hubungan antara lembaga atau instansi perusahaan dengan lembaga perguruantinggi di tempat Praktek Kerja.
b.
Sebagai
sarana untuk mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan
yang dibutuhkan di masa yang akan datang.
c.
Sebagai
sarana pengenalan pendidikan Program Studi Manajemen Bisnis kepada Yayasan Subulussalam Nusantara yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang di hasilkan oleh STIE Cendekia Karya Utama Semarang.
Bagi
Perusahaan Tempat Kerja Prkatik:
a. Sebagai sarana
penghubung antara lembaga atau instansi perusahaan dengan lembaga perguruan
tinggi.
b. Membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehari hari di Yayasan Subulussalam Nusantara sebagai tempat praktik kerja.
c. Sebagai masukan dan
sumbangan pemikiran agar dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam
melakukan aktivitas kerjanya.
d. Mendapatkan
alternatif calon karyawan yang telah dikenal mutu dan kredibilitasnya.
Bagi
Mahasiswa:
a.
Sebagai sarana penghubung
antara lembaga atau instansi
perusahaan dengan lembaga perguruan tinggi.
b. Membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehari hari di Yayasan Subulussalam Nusantara sebagai tempat praktik kerja.
c. Sebagai masukan dan
sumbangan pemikiran agar dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam
melakukan aktivitas kerjanya.
TUJUAN
Adapun tujuan dari Praktik Kerja yang
telah dilakukan oleh praktikan adalah:
1.
Mengetahui
kegiatan Digital Marketing yang
dilakukan Yayasan Subulussalam Nusantara Temanggung.
2.
Memperoleh pengalaman praktis dalam bidang promosi digital mareketing
3. Mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam dunia kerja nyata.