Melakukan Promosi dan Menjual Produk UMKM di Pasar Laut Indonesia Rest Area KM 260B Banjaratma

Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2022

Siti nur khasanah


PEMBIMBING

Yudho Purnomo, S.E, MM

LATAR BELAKANG

Dalam rangka menunjang aspek keahlian profesional pada program studi manajemen STIE Cendekia Karya Utama Semarang telah menyediakan sarana pdan prasarana penunjang pendidikan dengan lengkap, namun sarana dan prasarana tersebut hanya menunjang aspek keahlian profesional secara teori saja. Dalam dunia kerja nantinya dibutuhkan keterpaduan antara pengetahuan akan teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan dan pelatihan praktik di lapangan guna memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.

PRAJA merupakan bentuk perkuliahan melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja. PRAJA ini merupakan suatu kegiatan praktik bagi mahasiswa dengan tujuan mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut, yang nantinya dapat digunakan untuk pengembangan profesi. Kegiatan PRAJA ini dilaksanakan di Pasar Laut Indonesia. Pasar Laut Indonesia adalah salah satu bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Dibuat pada tanggal 29 Mei 2021, Pasar Laut Indonesia menawarkan beberapa produk UMKM khususnya sektor kelautan dan perikanan.

Saya melakukan PRAJA di Pasar Laut Indonesia Rest Area KM 260B Banjaratma karena saya saat ini sedang bekerja di tempat tersebut. Selain itu saya ingin mengimplementasikan kompetensi seperti yang diperoleh dari perkuliahan ke dunia kerja.

MANFAAT

1.         Bagi Mahasiswa

a.       Mahasiswa mampu mengenal, mengetahui, dan menganalisis kondisi penjualan yang ada di lingkungan dunia kerja.

b.      Mahasiswa dapat meningkatkan softskill dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dan memiliki rasa percaya diri dalam dan berprilaku, sehingga dapat berkelompok dan berorganisasi.

2.      Bagi Universitas/Kampus

a.       Memperluas pengenalan STIE Cendekia Karya Utama.

b.      Mempererat kerjasama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

3.      Bagi Perusahaan/Instansi

a.       Dapat memberikan masukan dan pertimbangan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas.

b.      Dapat memberi dan menerima dalam bidang wawasan dan ilmu pengetahuan antara mahasiswa dengan perusahaan/instansi.

TUJUAN

                          1.       Tujuan Umum

Mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

                          2.       Tujuan Khusus

a.         Meningkatkam pemahaman tentang cara berpromosi atau mengenalkan produk

b.        Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penjualan.

c.         Meningkatkan softskill (kemampuan dalam berkomunikasi, meningkatkan percaya diri, memperbaiki sikap dan perilaku) dalam suatu organisasi.

FILE

File

  Browse
  • Dosen 29
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 181

  Account