Melakukan Promosi dan Menjual Produk UMKM di Pasar Laut Indonesia Rest Area KM 260B Banjaratma
Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2022
Siti nur khasanah
PEMBIMBING
Yudho Purnomo, S.E, MM
LATAR BELAKANG
Dalam rangka menunjang aspek keahlian profesional
pada program studi manajemen STIE Cendekia Karya Utama Semarang telah
menyediakan sarana pdan prasarana penunjang pendidikan dengan lengkap, namun
sarana dan prasarana tersebut hanya menunjang aspek keahlian profesional secara
teori saja. Dalam dunia kerja nantinya dibutuhkan keterpaduan antara
pengetahuan akan teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan dan
pelatihan praktik di lapangan guna memberikan gambaran tentang dunia kerja
yang sebenarnya.
PRAJA merupakan bentuk perkuliahan melalui kegiatan
bekerja secara langsung di dunia kerja. PRAJA ini merupakan suatu kegiatan
praktik bagi mahasiswa dengan tujuan mendapatkan pengalaman dari kegiatan
tersebut, yang nantinya dapat digunakan untuk pengembangan profesi. Kegiatan
PRAJA ini dilaksanakan di Pasar Laut Indonesia. Pasar Laut Indonesia adalah
salah satu bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Dibuat pada
tanggal 29 Mei 2021, Pasar Laut Indonesia menawarkan beberapa produk UMKM
khususnya sektor kelautan dan perikanan.
Saya melakukan PRAJA di Pasar Laut Indonesia Rest
Area KM 260B Banjaratma karena saya saat ini sedang bekerja di tempat tersebut.
Selain itu saya ingin mengimplementasikan kompetensi seperti yang diperoleh
dari perkuliahan ke dunia kerja.
MANFAAT
1.
Bagi
Mahasiswa
a. Mahasiswa
mampu mengenal, mengetahui, dan menganalisis kondisi penjualan yang ada di
lingkungan dunia kerja.
b. Mahasiswa
dapat meningkatkan softskill dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dan
memiliki rasa percaya diri dalam dan berprilaku, sehingga dapat berkelompok dan
berorganisasi.
2.
Bagi
Universitas/Kampus
a. Memperluas
pengenalan STIE Cendekia Karya Utama.
b. Mempererat
kerjasama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan perusahaan atau instansi yang
bersangkutan.
3.
Bagi
Perusahaan/Instansi
a. Dapat
memberikan masukan dan pertimbangan untuk lebih meningkatkan kualitas dan
kuantitas.
b. Dapat
memberi dan menerima dalam bidang wawasan dan ilmu pengetahuan antara mahasiswa
dengan perusahaan/instansi.
TUJUAN
1.
Tujuan
Umum
Mengenalkan dan
menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.
2.
Tujuan
Khusus
a.
Meningkatkam pemahaman tentang cara
berpromosi atau mengenalkan produk
b.
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
melakukan penjualan.
c.
Meningkatkan softskill (kemampuan dalam
berkomunikasi, meningkatkan percaya diri, memperbaiki sikap dan perilaku) dalam
suatu organisasi.