LAPORAN PRAKTEK KERJA (PRAJA) PADA SENTRAL LAYANAN KORPORAT KANTOR POS CABANG UTAMA SEMARANG

Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2023

Fitri Ainun Nisa


PEMBIMBING

Moh. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H

LATAR BELAKANG

Praktek Kerja (PRAJA) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di Lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Intansi Pemerintahan setempat. Praktek Kerja merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama perkuliahan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun pemerintah. Praktek Kerja dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah. Praktek Kerja akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.

Lokasi yang dipilih untuk melakukan Praja yaitu PT Pos Indonesia . Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak dibidang layanan pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas yang ada di Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan (persero). Berdiri pada tahun 1746, saham pos Indonesia seutuhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir, tetapi juga jasa keuangan, yang didukung oleh titik jaringan sebanyak kurang lebih 4.000 kantor pos dan 28.000 Agen Pos yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Penulis melakukan Praktek Kerja selama kurang lebih tiga bulan, yang dilakukan dari hari Senin sampai Sabtu. Alasan Penulis memilih PT Pos Indonesia dan ditempatkan pada bagian Unit Operasi Korporat saya ingin mengimplementasikan kompetensi seperti yang diperoleh dari perkuliahan ke dunia kerja

MANFAAT

  1. Bagi Mahasiswa :

a)   Dapat menjalankan praja sebagai suatu syarat mahasiswa untuk lulus dan mendapat gelar S1 pada STIE Cendekia Karya Utama

b)   Mahasiswa mampu mengenal, mengetahui, dan menganalisis kondisi penjualan yang ada di lingkungan dunia kerja.

c)    Mahasiswa dapat meningkatkan softskill dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dan memiliki rasa percaya diri dalam dan berprilaku, sehingga dapat berkelompok dan berorganisasi.

d)   Mendapatkan pemahaman mengenai hubungan antara teori di kampus dan pengaplikasiannya di lapangan

e)   Dapat mengenal dan belajar dengan ahli profesional pada bidangnya sehingga memberikan pengalaman kepada mahasiswa yang nantinya dapat digunakan dalam dunia kerja

2. Bagi Kampus / Universitas

a)    Mempererat kerjasama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

b)   Mendemonstrasikan kepedulian STIE Cendekia Karya Utama khususnya dalam pendidikan ekonomi dan menunjukan dukunganya melalui kenierja mahasiswa dalam dunia kerja

c)    Memperoleh jalan dan kesempatan magang pada perusahaan yang sama bagi mahasiswa selanjutnya

 3. Bagi Perusahaan dan Instansi

a)  Dapat memberikan masukan dan pertimbangan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas.

b)    Dapat memberi   dan   menerima   dalam   bidang   wawasan   dan ilmu pengetahuan antara mahasiswa dengan perusahaan/instansi.    

TUJUAN

1. Tujuan Umum

a)    Mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

b)   Untuk memenuhi syarat program serta persyaratan dalam meraih gelar sarjana Manajemen pada STIE Cendekia Karya Utama Semarang

c)    Dapat menjalin kerjasama antara PT Pos Indonesia dan STIE Cendekia Karya Utama

d)   Menambah informasi serta pengalaman seputar dunia kerja sebagai peningkatan belajar bagi mahasiswa terhadap dunia kerja

2. Tujuan Khusus

a)      Meningkatkan softskill (kemampuan dalam berkomunikasi, meningkatkan percaya diri, memperbaiki sikap dan perilaku) dalam suatu organisasi.

b)      Meningkatkan pemahaman mengenai hubungan antara teori dan penerapanya yang didapatkan pada saat pembelajaran kuliah

c)      Dapat berperan serta secara langsung khususnya dalam bidang Operasional sehingga lebih memahami tentang proses pengiriman barang di PT Pos Indonesia

  d) Menambah informasi dan pengalaman seputar dunia kerja sebagai peningkatan belajar bagi mahasiswa terhadap dunia kerja

FILE

File

  Browse
  • Dosen 29
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 181

  Account