Analisis Prosedur Pemberian Kredit KUR Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah KUR Di Bank BTN Kantor Cabang Semarang

Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2024

Maria Agustina Wewe


PEMBIMBING

Drs. Dirgo Wahyono M.Si

LATAR BELAKANG


Seiring dengan perkembangan di era globalisasai yang marak diseluruh dunia membuat perkembangan pengetahuan dan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan semakin maju.Perkembangan teknologi yang seiring berjalan waktu semakin meningkat dan persaingannya pun sangat ketat.Hal ini menunjukan bahwa Indonesia harus mampu bersaing dengan negara lain baik dari segi pengetahuan maupun dari segi teknologi.Untuk menjadi generasi emas di tahun 2045 Indonesia harus bisa membangun sumber daya manusia (SDM).Dengan berbagai macam kebijakan yang diatur oleh Pemerintah yang lebih memihak pada rakyat untuk perkembangan sumber daya manusia.

             Di era perkembangan sekarang banyak terjadi masalah yang terjadi misalkan banyaknya perbedaan pendapat antara manusia satu dengan yang lain.Di era globalisasi sekarang banyak terjadi pasar bebas.Pasar bebas memiliki 2 dampak  yaitu berdampak menguntungkan dan juga berdampak merugikan.Dampak yang mengutungkan dari pasar bebas yaitu menyediakan banyak lapangan pekerjaan dan mempunyai kesempatan untuk bekerja sama seluas-luasnya dengan pihak asing.Tetapi disisi lain,dampak dari kerja sama dengan pihak asing jika kita tidak mampu bersaing dengan dengan negara lain maka mengakibatkan sumber daya manusia (SDM) mengalami kekalahan dengan sumber daya manusia (SDM) dari negara lain.Pasar  bebas juga berdampak merugikan yaitu kebanyakan masyarakat Indonesia memilih untuk  memakai barang-barang impor dan sumber daya manusia tidak mampu bersaing dengan negara asing sehingga banyaknya terjadi pengangguran.

Banyak masalah yang terjadi di era globalisasi sekarang dan kemajuan teknologi sehingga menimbulkan kecemasan dan keresahan masyarakat dalam mencari pekerjaan karena hal inilah masayarakat dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman untuk menggali berbagai informasi baik di media sosial maupun di media cetak agar tidak mengalami ketinggalan.Fakta yang terjadi di lapangan sekarang sebagian besar lulusan sarjana banyak yang belum siap unntuk terjun bekerja ke lapangan.

Oleh karena itu STIE Cendekia Karya Utama adalah sebuah perguruan tinggi yang menyelenggarakan progam pendidikan empat tahun ( S1 ) yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional di bidang kerja yang di dapat di tempat praktik kerja maupun seorang entrepeneur  yang bisa melihat peluang dan mencetak lapangan pekerjaan. Untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional dibidang yang diampini, Lembaga STIE Cendekia Karya Utama mewajibkan para mahasiswa/i-nya yang akan menyelesaikan studi untuk melaksanakan Praktek Kerja ( PRAJA ), dengan tujuan memahami secara langsung kegiatan usaha dan dapat merealisasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dibangku kuliah dalam kenyataan sebenarnya pada perusahaan sehingga dapat menambah wawasan serta meningkatkan ketrampilan bagi mahasiswa/i-nya.

PT Bank Tabungan Negera (Persero),Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) yang bergerak dibidang jasa keuangan .BTN menyediakan berbagai macam produk dan layanan keuangan salah satunya adalah menyediakan kredit pemilikan rumah (KPR) .Bank BTN menyediakan berbagai macam produk antara lain produk dana,investasi ,produk konsumer dan lain-lain.Produk Konsumer Bank BTN salah satunya adalak produk kredit usaha rakyat (KUR).Kredit usaha rakyat (KUR) merupakan salah satu program strategis pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang selama ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan kredit dari perbankan. Program KUR diberikan dengan bunga subsidi dari pemerintah, sehingga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional melalui pengembangan sektor UMKM. Di Bank BTN, pemberian KUR telah menjadi salah satu program utama, terutama di Kantor Cabang Semarang yang berfokus pada pemberdayaan sektor usaha kecil.

Bank BTN memiliki nasabah dari berbagai kalangan,mulai dari masyarakat umum hingga pengembang properti.Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah,kualitas layanan yang diberikan Bank BTN menjadi faktor yang kursial. Kualitas layanan yang baik diyakini dapat meningkatkan kepusasan  nasabah,yang pada gilirnya dapat memperkuat hubungan antara nasabah dan bank.Kepuasan nasabah merupakan hasil perbandingan antara harapan nasabah dengan kinerja layanan yang mereka terima.Kepuasan nasabah menjadi penting mengingat adanya persaingan yang semakin ketat disektor perbankan,terutama dalam pembiayaan rumah.Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan peningkatan untutan nasabah,Bank BTN perlu berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan.Nasabah saat ini tidak hanya menuntut layanan yang cepat dan efesien,tetapi juga layanan diakses dengan mudah berbagai saluran,baik secara langsung maupun menggunakan media online atau platform digital.

Kualitas layanan terdiri dari beberapa dimensi seperti keandalan,daya   tanggap,jaminan,empati dan bukti fisik.Setiap dimensi memiliki peran yang berbeda dalam membentuk presepsi nasabah terhadap kualitas layanan yang diberikan.Berdasarkan urain diatas penulis tertarik untuk mengambil judul "ANALISIS PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KUR DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KUR DI BANK BTN KANTOR CABANG SEMARANG”.

MANFAAT


a.    Bagi Mahasiswa

1)      Menerapkan ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan pada kegiatan yang nyata, dengan demikian akan mengetahui perbandingan antara pengetahuan dibangku kuliah dengan kenyataan yang ada di dunia kerja.

2)      Menguji kemampuan pribadi yang sesuai dengan ilmu yang dipelajari serta bersosialisasi dengan dunia kerja.

3)      Memperdalam dan meningkatkan ketrampilan,kreatifitas ,kualitas yang sesuai dengan ilmu yang dipelajari.

4)      Menambah wawasan ,pengetahuan dan pengelaman untuk nantinya terjun ke dunia kerja.

5)       Mahasiswa mampu memadukan dan menerapkan antara pendidikan perkuliahan dan kenyataan kerja yang ada.

6)      Melatih diri agar tanggap dan peka dalam menghadapi situasi dan kondisi lingkungan kerja serta mempersiapkan langkah-langkah yang perlu dipersiapkan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang akan mendatang.

b.   Bagi STIE Cendekia Karya Utama

1)      Menjadi sarana pengenalan instansi pendidikan STIE Cendekia Karya Utama khususnya Program Studi Manajemen  pada instasi yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan oleh STIE Cendekia Karya Utama.

2)      Memberikan kepuasan bagi pergguruan tinggi karena lulusannya terjamin dengan memperoleh ilmu yang bermakna di tempat praktek kerja.

3)      Dapat meningkatkan efesiensi proses pelatihan tenaga kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

c.    Bagi Instansi Bersangkutan

1)        Perusahaan mendapatkan tenaga tambahan.

2)        Membantu menyelesaikan pekerjaan yang terdapat pada tempat mahasiswa melakasanakan praktik kerja.

3)        Menjadi sarana untuk mengetahui kualitas pendidikan yang ada di STIE Cendekia Karya Utama.

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan laporan Praktik Kerja ini adalah sebagai berikut :

a)      Untuk mengetahui prosedur pemberian kredit KUR di Bank BTN Kantor Cabang Semarang?

b)      Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah KURdi Bank BTN KC. Semarang.

c)      Untuk mengetahui aspek apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah KUR di Bank BTN KC. Semarang

d)     Untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan di Bank BTN KC.Semarang terhadap loyalitas nasabah KUR.

FILE

File

  Browse
  • Dosen 29
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 181

  Account