Analisis Pengaruh Upah, Modal dan Nilai Produksi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja UMKM di Pasar Bandungan
Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2023
Dandung bagus airlangga
PEMBIMBING
Salimah, S.Pd, M.Si.
LATAR BELAKANG
Dalam rangka menunjang aspek keahlian
profesional pada program studi manajemen
STIE Cendekia Karya Utama Semarang
telah menyediakan sarana pdan prasarana penunjang pendidikan dengan lengkap,
namun sarana dan prasarana
tersebut hanya menunjang aspek keahlian profesional secara teori saja. Dalam dunia kerja nantinya
dibutuhkan keterpaduan antara pengetahuan akan teori yang telah didapatkan dari bangku
perkuliahan dan pelatiihan praktik di lapangan guna memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.
PRAJA merupakan bentuk perkuliahan
melalui kegiatan bekerja secara
langsung di dunia kerja.
PRAJA ini merupakan
suatu kegiatan praktik
bagi mahasiswa dengan tujuan mendapatkan pengalaman dari kegiatan
tersebut, yang nantinya
dapat digunakan untuk pengembangan profesi.
Kegiatan PRAJA ini dilaksanakan di Pasar Bandungan. Pasar Bandungan adalah salah satu bagian dari gerakan
nasional Bangga Buatan Indonesia. Dibuat
pada tanggal 29 Mei 2021, Pasar Bandungan menawarkan beberapa produk
UMKM khususnya sektor kelautan
dan perikanan.
Saya melakukan PRAJA di Pasar Bandungan
karena saya saat ini sedang bekerja
di tempat tersebut.
Selain itu saya ingin mengimplementasikan kompetensi seperti
yang diperoleh dari perkuliahan ke dunia kerja.
MANFAAT
1.
Bagi Mahasiswa
a.
Mahasiswa mampu mengenal, mengetahui, dan menganalisis kondisi
penjualan yang ada di lingkungan dunia kerja.
b.
Mahasiswa dapat meningkatkan softskill
dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dan memiliki
rasa percaya diri dalam dan berprilaku, sehingga dapat berkelompok dan berorganisasi.
2.
Bagi Universitas/Kampus
a.
Memperluas pengenalan STIE Cendekia
Karya Utama.
b.
Mempererat kerjasama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan perusahaan atau instansi yang bersangkutan.
3.
Bagi Perusahaan/Instansi
a.
Dapat memberikan masukan dan pertimbangan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas.
Dapat memberi dan
menerima dalam bidang wawasan dan ilmu pengetahuan antara
mahasiswa dengan perusahaan/instansi
TUJUAN
1.
Tujuan Umum
Mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa dalam
menghadapi dunia kerja.
2.
Tujuan Khusus
a.
Meningkatkam pemahaman tentang cara berpromosi atau mengenalkan produk
b.
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penjualan.
c.
Meningkatkan softskill (kemampuan dalam berkomunikasi, meningkatkan percaya diri, memperbaiki sikap dan perilaku)
dalam suatu organisasi.