Administrasi Logistik perusahaan Startup Divisi Komship
Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2023
Bagus Almunawar HR
PEMBIMBING
Sodikin S.Ag, M.M
LATAR BELAKANG
Dalam rangka menunjang aspek keahlian profesional pada program studi
manajemen STIE Cendekia Karya Utama Semarang telah menyediakan sarana dan
prasarana penunjang pendidikan dengan lengkap, namun sarana dan prasarana tersebut
hanya menunjang aspek keahlian profesional secara teori saja. Dalam dunia kerja
nantinya dibutuhkan keterpaduan antara pengetahuan akan teori yang telah didapatkan
dari bangku perkuliahan dan pelatiihan praktik di lapangan guna memberikan
gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.
PRAJA merupakan bentuk perkuliahan melalui kegiatan bekerja secara
langsung di dunia kerja. PRAJA ini merupakan suatu kegiatan praktik bagi mahasiswa
dengan tujuan mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut, yang nantinya dapat
digunakan untuk pengembangan profesi. Kegiatan PRAJA ini dilaksanakan di PT
Kampung Marketer Indo Berdaya Divisi Komship Pada tanggal 26 Juli – 26 September
2023, Divisi Komship sendiri merupakan salah satu produk dari Komerce yang
bergerak di bidang Agregator Logistik.
Saya melakukan PRAJA di PT Kampung Marketer Indo Berdaya Divisi
Komship karena dekat dengan tempat tinggal dan sangat linier dengan jurusan nya yaitu
manajemen Logistik, selain itu saya ingin mengimplementasikan kompetensi seperti
yang diperoleh dari perkuliahan ke dunia kerja.
MANFAAT
1. Bagi Mahasiswa a. Mahasiswa mampu mengenal, mengetahui, dan menganalisis Perusahaan Startup Komerce divisi Komship b. Mahasiswa dapat meningkatkan softskill dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dan memiliki rasa percaya diri dalam dan berprilaku, sehingga dapat berkelompok dan berorganisasi.
2. Bagi Universitas/Kampus a. Memperluas pengenalan STIE Cendekia Karya Utama. b. Mempererat kerjasama antara STIE Cendekia Karya Utama dengan perusahaan atau instansi yang bersangkutan.
3. Bagi Perusahaan/Instansi
a. Dapat memberikan masukan dan pertimbangan untuk lebih
meningkatkan kualitas dan kuantitas.
b. Dapat memberi dan menerima dalam bidang wawasan dan
ilmu
pengetahuan antara mahasiswa dengan perusahaan/instansi
TUJUAN
1. Tujuan Umum Mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.
2. Tujuan Khusus
a. Meningkatkam pemahaman tentang cara berpromosi atau
mengenalkan produk
b. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan
penjualan.
c. Meningkatkan softskill (kemampuan dalam
berkomunikasi, meningkatkan percaya diri, memperbaiki
sikap dan perilaku) dalam suatu organisasi.