21121030
Praktek Kerja, S1 - MANAJEMEN, 2024
Fidela Fakhrunisa
PEMBIMBING
Drs. Sugiarto, S.E, M.Si
LATAR BELAKANG
Dalam
masyarakat, untuk memulai suatu usaha bisnis umkm permodalan adalah suatu
masalah utama yang yang dihadapi oleh masyarakat untuk memulai ataupun
mengembangkan usahanya. Dengan adanya masalah tersebut, banyak masyarakat yang
memilih pinjaman kredit sebagai jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan
permodalan. Sementara itu perolehan kredit masih cukup sulit untuk didapatkan,
karena dalam suatu bank perkreditan merupakan penghasilan utama yang
didapatkanoleh bank serta sebagai resiko terbesar bagi bisnis ini. Sebagian
besar dana operasional pada bank di putarkan dalam kredit, dalam hal itu jika
dalam bisnis perkreditan ini berhasil maka dapat menguntungkan bagi bank, namun
bisa sebaliknya jika bisnis perkreditan ini banayk nasabah macet maka hal ini
bisa menjadi ancaman yang cukup serius, karena hal itu bank tidak mempunyai
dana perputaran yang cukup untuk menjadi dana operasional sehingga bisa
menimbulkan kerugian yang besar bagi bank tersebut. Oleh karena itu perlu
seleksi yang ketat dalam pengambilan keputusan pemberian kredit kepada calon
debitur untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kredit macet.
MANFAAT
- Manfaat
bagi Instansi Mitra
a) Instansi
mitra mendapatkan tenaga kerja tambahan.
b) Instansi
mitra dapat memanfaatkan pengetahuan serta keterampilan mahasiswa.
c) Instansi
mitra dapat meningkatkan efisiensi, produktifitas, atau memperbaiki kondisi
lingkungan kerja berdasarkan saran mahasiswa.
d) Hasil
analisa dan penelitian dapat digunakan menjadi bahan masukan bagi pihak
instansi mitra untuk menentukan kebijakan yang akan mendatang bagi perusahaan.
TUJUAN
Sesuai
dengan permasalahan tersebut, berikut tujuan dilakukannya penulisan ini yaitu :
a.
Untuk mengetahui
kelebihan yang dimiliki PT. BPR BKK Banjarharjo dibandingkan dengan bank umum
lainnya.
b.
Untuk mengetahui
bagaiaman sistem operasional layanan admin dana pada PT. BPR BKK Banjarharjo.