11121010

Praktek Kerja, S1 - AKUNTANSI, 2024

AAD HARITS SANDI SAPUTRA


PEMBIMBING

Samto, S.E, M.Si

LATAR BELAKANG

STIE Cendekia Karya Utama adalah sebuah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan empat tahun (S1) yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional yang mampu melihat peluang dan menciptakan lapangan pekerjaan. Pendidikan di perguruan tinggi sangat penting untuk memberikan ilmu dan teori. Namun, untuk memahami dan memecahkan permasalahan di dunia kerja yang sebenarnya, dibutuhkan pengalaman langsung di lapangan. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengikuti program Praktek Kerja (PRAJA).

Praktek Kerja ini dimaksudkan sebagai studi perbandingan, yaitu kegiatan mengamati, melihat langsung, mempraktikkan kegiatan dalam perusahaan disertai pengumpulan data yang berhubungan dengan bidang Administrasi Perizinan Impor Produk Hortikultura. Praktek Kerja (PRAJA) merupakan salah satu mata kuliah wajib dari jurusan Akuntansi STIE Cendekia Karya Utama Semarang yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa/i sebagai syarat kelulusan serta dapat dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa/i untuk memahami dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah.

CV. Alamindo Bawera Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bertanggung jawab dalam mengelola administrasi perizinan impor produk hortikultura untuk mendukung kegiatan perdagangan dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bidang Ekonomi, khususnya Akuntansi, saya menyadari pentingnya memperoleh pengalaman praktis yang relevan dengan program studi Akuntansi terlebih dalam bidang Administrasi Perizinan Impor Produk Hortikultura. Oleh karena itu, saya mengajukan proposal ini sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi, memberikan kontribusi nyata dalam pengelolaan administrasi perizinan impor produk hortikultura, dan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang proses administrasi perizinan dan manajemen impor produk hortikultura

MANFAAT

1) Bagi mahasiswa

a. Memenuhi syarat lulus mata kuliah Praktek Kerja sebagai salah satu standar untuk mendapat gelar Sarjana Akuntansi dari STIE Cendekia Karya Utama. 

b. Menambah wawasan dan pengalaman terlibat langsung dalam aktivitas perusahaan, memperdalam pengetahuan serta mangasah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. 

c. Membiasakan diri dengan suasana kerja nyata sehingga dapat membangun etos kerja yang baik dan memperluas cakrawala wawasan kerja. 

d. Menyusun pengalaman dan data yang diperoleh selama Praktek Kerja ke dalam sebuah Laporan Praktek Kerja. 

e. Memperkaya pengetahuan dan referensi data yang dapat berguna bagi penyusunan tugas akhir. 

2) Bagi Kampus

a. Membangun hubungan kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak, yaitu dengan menempatkan mahasiswa potensial untuk mendapatkan pengalaman di perusahaan terkait. 

b. Mengimplementasikan dan merealisasikan kerja sama STIE Cendekia Karya Utama dengan pemangku kepentingan. 

c. Menjamin tercapainya tujuan pendidikan menuju keahlian profesional dan mewujudkan visi institusi.

d. Meningkatkan efisiensi proses pelatihan tenaga kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. 

3) Bagi CV. Alamindo Bawera Jaya   

a. Mendapatkan tenaga tambahan yang potensial dan terampil. 

b. Mendukung pelaksanaan program dan kegiatan CV. Alamindo Bawera Jaya. 

c. Meningkatkan citra perusahaan sebagai entitas yang kompeten dan profesional. 


TUJUAN

a. Memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam bidang administrasi perizinan, khususnya terkait impor produk hortikultura. dan menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.
b. Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang regulasi dan kebijakan pemerintah terkait perizinan impor hortikultura di Indonesia.
c. Menyiapkan mahasiswa agar memiliki keterampilan yang diperlukan untuk terlibat langsung dalam proses administrasi dan pengurusan izin impor sesuai dengan ketentuan yang berlaku
d. Memahami alur dan prosedur administrasi perizinan impor produk hortikultura dari awal hingga akhir.
e. Mengidentifikasi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan izin impor produk hortikultura.
f. Mempelajari peran dan fungsi instansi terkait yang mengatur perizinan impor produk hortikultura. 
g. Melatih keterampilan administrasi, seperti pengarsipan dokumen, pengisian formulir, dan penyusunan laporan terkait perizinan.
h. Mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin timbul dalam proses perizinan dan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasinya.
i. Menyusun laporan praktik kerja yang dapat menjadi referensi dalam meningkatkan proses administrasi perizinan impor produk hortikultura.

FILE

File

  Browse
  • Dosen 29
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 181

  Account